Bercita Cita Haji Dengan Bekal 2 Ekor Sapi

Seorang jamaah haji wanita asal India memelihara mimpinya untuk menunaikan ibadah haji selama 25 tahun, sebelum akhirnya terwujud dengan 2 sapi pada tahun 1434 Hijriyah ini.

Zainab mengaku selama 25 tahun berharap untuk bisa menunaikan ibadah haji. Tetapi, selama itu pula tabungannya tidak pernah cukup untuk pergi ke Arafah.

“Saya tidak pernah menyerah untuk mewujudkan mimpi-mimpi saya. Saya sudah mengumpulkan uang selama seperempat abad terakhir ini, tetapi baru berhasil tahun ini,” katanya dikutip Saudi Gazette dari Okaz (21/10/2013).

Wanita berusia 80 tahun itu menabung dari hasil jerih payahnya bertani. Namun, setiap tahun ketika musim haji datang, dia mendapati tabungannya tidak pernah cukup.

“Tahun ini saya menjual dua ekor sapi yang saya gunakan untuk membajak lahan dan mengangkut hasil panen supaya bisa melunasi ongkos haji,” kata Zainab.

Wanita tua itu mengaku tidak menyesal menjual sapi-sapinya agar bisa pergi ke Makkah.

“Saya bahagia bisa mewujudkan mimpi saya selama 25 tahun lebih ini. Berdiri bersama para jamaah haji di Arafah tidak ternilai harganya.”

Zainab merasa senang berada di kota Makkah bersama jamaah haji dari seluruh dunia. Dia bilang Makkah berbeda dengan kota yang pernah dibayangkan dalam benaknya. “Makkah adalah kota yang sangat luar biasa, yang memiliki pesonanya sendiri. Kota ini memberikanmu perasaan yang sangat bahagia, ketentraman dan ketenangan dalam pikiran,” ujarnya.

Jika boleh memilih, kata Zainab, dia tidak ingin meninggalkan negara Saudi sama sekali.

“Saya merindukan anak-anak, tetapi itu tidak sebanding dengan kedatangan saya ke sini,” ujarnya.*